Senin, 09 April 2012

Just Sharing ^_^




 
Miris nya dunia pendidikan jaman sekarang

Mungkin judul nya terlalu berat ya, tapi mungkin ini sekedar share saja berdasarkan pengalaman saya menjadi guru. Dunia pendidikan jaman sekarang dan anak-anak didik jaman sekarang, mengapa semuanya terasa berbeda ketika saya sendiri yang menjadi anak didik jaman dahulu (but im not that old :)). Apakah kemajuan jaman membuat anak-anak jaman sekarang begitu saja lupa akan nilai-nilai normatif mereka. Ketika saya menjadi siswa dulu, rasa hormat dan rasa takut terhadap guru sangat lah besar nya. Karena saya menganggap mereka sama seperti kedua orang tua saya di rumah yang harus digugu dan ditiru. Mengapa hal ini sangat sulit untuk dijumpai sekarang. Apakah kurang nya pendidikan akhlak dan penanaman nilai-nilai kesopanan, sehingga membuat mereka sekarang menganggap (maaf) remeh guru-guru mereka.

Di jaman sekarang dimana dengan mudah nya mereka mendapatkan fasilitas untuk belajar, justru membuat anak-anak ini terlena dengan keinstanan yang mereka dapat. Mereka menganggap bahwa dengan mudah nya mereka bisa mendapatkan nilai tanpa perlu belajar dengan giat. Metode pengajaran dan keadaan yang terbentuk telah memposisikan anak-anak ini menjadi generasi instan yang kurang memiliki rasa respect dan minim rasa keingintahuan untuk belajar.

Mau dibawa kemana masa depan anak-anak ini, akan seperti apa negara kita nanti. Untuk sebagian anak yang memiliki minat dan niat belajar yang besar, saya yakin mereka akan bisa bertahan dengan kemampuan nya. Tetapi bagaimana dengan mereka yang justru memiliki minat belajar yang kurang, yang meniatkan kegiatan sekolah nya hanya sebagai kegiatan rutinitas sehari-hari, yang tak lebih dari sekedar memenuhi kewajiban mereka kepada orangtua mereka tanpa diiringi niat yang ikhlas untuk belajar. Sekolah tak lebih sebagai ajang untuk berjumpa dengan teman (bersosialisasi) dan bermain-main. Serta menomorduakan tujuan utama mereka yaitu belajar.

Saya sadar bahwa sebagai guru, saya masih harus banyak belajar untuk menghadapi mereka yang termasuk dalam kategori kedua. Perlu lebih banyak kesabaran, ketelatenan dan pendekatan untuk menumbuhkan niat dan minat belajar mereka. Setidak nya mereka mau hadir dan datang kesekolah setiap hari telah menjadi satu poin penting buat saya. Walau harus menggunakan tenaga ekstra untuk menumbuhkan minat belajar kepada anak-anak ini. Mereka adalah orang-orang spesial yang membutuhkan perhatian yang spesial. Tapi saya hanyalah manusia yang terkadang merasa  sedikit give up menghadapi situasi ini :(.

Terkadang muncul pertanyaan di benak saya, apakah hanya saya yang mengalami ini atau di luar sana ada pula mereka yang memiliki profesi seperti saya yang mengalaminya????????

****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar