Sabtu, 21 April 2012

Membuka Diri untuk Energi Positif (Tips melatih diri menyerap optimisme).


Berbicara pada diri sendiri adalah kebutuhan psikologis untuk memotivasi diri melakukan segalanya lebih baik. Dan awal dari kebutuhan ini adalah dengan terbuka pada sekitar kita.
Bahkan Mayo Clinic menyakinkan optimisme membuat status kesehatan kita lebih baik. Prosesnya sendiri tidak begitu sulit, hanya saja organisasi non profit ini mengingatkan butuh latihan lebih banyak agar pikiran positif bersemayam lebih lama. Apa saja yang harus dilakukan untuk mengundang energi positif tersebut?
•    Bicaralah pada diri sendiri. Secara periodik, berbicaralah pada diri sendiri sepanjang hari. Ini membantu kita untuk selalu mengevaluasi apa yang telah kita lakukan plus menemukan energi negatif apa yang kerap muncul dalam kepala. Ubah alur energi negatif dengan pikiran yang lebih memotivasi diri.
•    Cobalah untuk selalu tersenyum. Berilah senyuman pada diri sendiri. Bahkan akan lebih baik jika kita bisa mengisi hari dengan tertawa, terutama saat stres mulai muncul. Saat kita tertawa, semua tekanan dan tuntutan akan terasa lebih ringan.
•    Terapkan pola hidup sehat. Berolahragalah minimal tiga kali dalam seminggu. Ini dapat menciptakan mood yang relaks pada diri kita. Akan semakin baik jika kita juga memilih pola konsumsi yang sehat. Otak dan tubuh akan bekerja maksimal untuk membuat kita lebih siap menghalau stres.
•    Kepung diri dengan orang-orang yang optimis. Salah satu trik untuk mencuri energi positif adalah dengan berinteraksi dengan mereka yang memiliki semangat optimisme. Karena orang-orang dengan tipe ini, akan selalu membantu kita untuk tetap percaya pada kemampuan diri.

Jika kita telah berhasil mengundang energi positif, Mayo Clinic memberikan jaminan kepada kita untuk lebih bisa relaks menerima kritik. Sehingga alam sadar kita terbiasa untuk menghadapi tekanan dengan metode berpikir yang konstruktif, bukan kalah sebelum berperang.

***Prevention Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar